Manfaat Pajak

manfaat pajak yang diberlakukan oleh pemerintah dalam kegiatan ekonomi

Pajak merupakan kontribusi dari rakyat pada negara, baik orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara sebesar-besarnya, dalam hal ini memakmurkan masyarakat.

Kalau dicermati lebih detail, wajib pajak yang membayar pajak memang tidak bisa merasakan manfaat langsung dari manfaat pajak. Hal itu karena setiap kontribusi yang masuk ke negara digunakan demi kepentingan umum atau orang banyak, sehingga wajib pajak bisa merasakannya apabila ia melihat bahwa segala fasilitas dan pembangunan telah berubah.

Selain itu, wajib pajak hanya akan merasa bahwa ia telah menggugurkan kewajibannya sebagai warga negara yang patuh hukum. Lalu sebenarnya, apa saja manfaat pajak bagi wajib pajak itu  sendiri, terutama negara?

Manfaat pajak yang bisa dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat:

1. Pajak sebagai sumber utama penerimaan negara

Pajak di Indonesia sejatinya telah menyumbang 70% lebih dari penerimaan negara, karena apabila hasil pajak tidak digunakan sebagaimana mestinya, maka seluruh kegiatan terutama pembangunan akses publik tidak bisa dilaksanakan.

Akses publik yang dimaksud di sini ialah jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit, dan kantor polisi yang dibiayai dari pajak.

Nah, mungkin kamu tidak bisa merasakan manfaatnya secara langsung, tetapi jika kamu melewati dan menggunakan layanan publik tersebut, sebagai wajib pajak sudah bisa merasakan manfaatnya.

2. Wawasan pajak menjadi bertambah

Dengan sistim self-assessment, maka wajib pajak diharuskan menghitung dan melaporkan seluruh pajak terutangnya. Pada tahap ini, otomatis wajb pajak mau tidak mau harus mencari tahu bagaimana proses dan sistimnya. Mulai dari mengikuti seminar hingga belajar sendiri.

Namun, di zaman yang sudah maju ini, untuk memudahkan segala urusan penghitungan atau pelaporan pajak, maka bisa memanfaatkan keberadaan jasa konsultan pajak. Mengapa? Karena jasa konsultan pajak akan mendampingi dan memberikan pengertian terperinci tentang permasalahan pajak yang dialami oleh Wajib Pajak.

Misalnya saja, kamu bingung bagaimana cara menghitung pajak terutang atau sedang mengalami sengketa pajak, nah kamu bisa memanfaatkan jasa konsultan pajak. Dijamin masalah akan selesai dan kamu tidak perlu pusing lagi dengan urusan satu ini.

3. Pembiayaan negara

Selain manfaat yang bisa dirasakan secara pribadi, pajak juga bermanfaat untuk mendanai pembiayaan senjata yang digunakan untuk melindungi masyarakat, subsidi pangan serta bahan bakar, dan lain-lain.

4. Melestarikan lingkungan dan budaya

Pajak juga digunakan untuk membiayai pengeluaran yang sifatnya tidak reproduktif seperti pembenahan dan pendirian taman rekreasi serta objek wisata bagi masyarakat. Nah, dari sini kamu sebagai calon Wajib Pajak atau Wajib Pajak bisa memanfaatkan keindahan tempat rekreasi tersebut untuk sekadar melepas penat atau stress.

5. Manfaat masa depan

Pajak juga digunakan untuk mendanai pengeluaran yang tidak reproduktif seperti pengeluaran untuk menghemat kebutuhan negara di masa yang akan datang. Misalnya saja pembiayaan bagi anak-anak terlantar dan yatim piatu, maka peran pajak akan berfungsi di sini.

Secara kasat mata, wajib pajak yang rutin membayar pajak tepat waktu, berarti turut memudahkan kehidupan mereka yang tidak mampu. Selain itu, sebagai gantinya para Wajib Pajak akan memperoleh kepuasan batin dan ketenangan karena telah menyisihkan sebagian hartanya bagi mereka yang membutuhkan.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *